Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia mengeluarkan peringatan terkait gelombang tinggi yang diperkirakan akan menerjang sejumlah titik pesisir di Indonesia. Peringatan ini berlaku untuk beberapa wilayah, dan masyarakat di sekitarnya diimbau untuk tetap waspada.

Berikut adalah daftar daerah yang perlu mewaspadai potensi gelombang tinggi:

  1. Pantai Barat Sumatra Daerah sepanjang pantai barat Sumatra, termasuk Kota Padang, Pesisir Selatan, dan Mentawai, diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap gelombang tinggi yang diperkirakan akan mencapai ketinggian yang signifikan.
  2. Pantai Selatan Jawa Pesisir selatan Jawa, khususnya Banten dan Lampung, diharapkan untuk mengantisipasi potensi gelombang tinggi yang dapat mempengaruhi aktivitas pesisir. Warga di sekitarnya diminta untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca mendadak.
  3. Pulau Kalimantan Timur Daerah pesisir Kalimantan Timur, seperti Balikpapan dan Samarinda, juga masuk dalam zona peringatan. Masyarakat setempat perlu mempersiapkan langkah-langkah pencegahan mengingat dampak gelombang tinggi yang dapat terjadi.
  4. Selat Sunda Selat Sunda, yang memisahkan Pulau Jawa dan Sumatra, memiliki potensi gelombang tinggi. Daerah sekitar pelabuhan dan wilayah pesisir di sepanjang selat ini disarankan untuk mengamati kondisi laut dengan seksama.
  5. Pesisir Utara Sulawesi Wilayah pesisir utara Sulawesi, seperti Manado dan Bitung, juga termasuk dalam daftar peringatan gelombang tinggi. Warga di daerah ini diminta untuk tetap waspada dan mengikuti informasi terbaru dari BMKG.
  6. Pulau Papua Pantai utara Pulau Papua, khususnya di sekitar Jayapura dan Biak, harus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gelombang tinggi. Warga di daerah ini disarankan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan.

BMKG mengingatkan bahwa peringatan gelombang tinggi dapat berubah sesuai dengan perkembangan cuaca, dan informasi terbaru dapat diakses melalui situs resmi BMKG atau media sosial resmi mereka. Masyarakat diminta untuk tetap mengikuti perkembangan terkini dan mengambil langkah-langkah keselamatan yang dianjurkan demi mengurangi risiko dampak gelombang tinggi pada pesisir Indonesia.